Mengenal Kalimat Participle Dan Contohnya

Kalimat participle adalah sebuah rumus grammar yang banyak dibingungkan oleh kebanyakan pelajar. Sederhananya, participle adalah kata-kata yang dibentuk dari sebuah kata kerja yang dapat digunakan sebagai deskripsi kata.

Untuk Anda yang mungkin bingung sekali dengan penjelasan participle dan bagaimana kata tersebut dibuat dalam bentuk kalimat, Anda bisa melihat penjelasannya di sini.

Jenis-jenis Particple

Ada dua jenis participle:

1Past Participle – biasanya diakhiri dengan -ed, -d, -t, -en, atau –n

Misalnya: chosen, known, danced dll

-Mengikuti kata benda yang dipisahkan oleh koma (kata benda + koma + frasa past participle) – Dalam hal ini, participal phrase memodifikasi kata benda.

Contoh:  The most important crop of this session is tomato, sown in the month of January and harvested in May (memodifikasi 'tomato')

-Di awal kalimat diikuti dengan koma dan kemudian klausa (past participle phrase + comma + clause) – Dalam hal ini, frasa participle memodifikasi subjek klausa.

Contoh: Battered by storm, the truck collapsed.. (memodifikasi 'truck')

2Present Participle diakhiri dengan –ing

Contoh: choosing, dancing, singing dll

Participle ini sering memulai frasa yang digunakan untuk mendeskripsikan seluruh kalimat.  Adapun cara membuat present participle phrases adalah :

-Di awal kalimat diikuti dengan koma dan kemudian klausa (present participle phrase + comma + clause) – Dalam hal ini, frasa participle dapat mengubah subjek klausa atau seluruh klausa.

Contoh kalimat participle:

Wagging its very tail, my cat ran up to Dad. (memodifikasi kata ‘my cat’)

Silencing the employees, the CEO stepped on to the podium. (memodifikasi seluruh klausa karena CEO mencoba membuat karyawan diam dengan ke depan podium)

-Di akhir kalimat yang dipisahkan dari klausa menggunakan koma (klausa + koma + present participle phrase). Dalam hal ini, participle phrase memodifikasi seluruh kalimat sebelumnya.

Contoh: The CEO stepped on to the podium, silencing the employees. (memodifikasi seluruh klausa sebelumnya)

-Mengikuti kata benda tanpa koma – Dalam hal ini, participle phrase memodifikasi kata benda.

Contoh: Ari wants to stand next to the girl wearing the pink hat. (memodifikasi 'gadis')

Apakah Anda masih bingung dengan penjelasan kalimat participle di atas? Jika masih bingung, Anda bisa mengikuti kursus bersama EF English Centers! Tutornya asyik dan tentunya biaya kursusnya terjangkau.