Inilah Prinsip Sertifikasi Guru Melalui PPGJ Tahun 2015

Inilah Prinsip Sertifikasi Guru Melalui PPGJ Tahun 2015 - Untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan gaji sertifikiasi, pada tahun 2015 ini guru guru, baik guru PNS maupun nonPNS haru mengikuti PPG Dalam Jabatan atau PPGJ 2015. Berikut ini Pronsip - prinsip sertif guru dalam PPGJ 2015.
Penetapan peserta dilaksanakan secara berkeadilan, objektif, transparan, kredibel, dan akuntabel 
  • Berkeadilan, semua peserta sertifikasi guru melalui PPGJ memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti sertifikasi guru melalui PPGJ. 
  • Objektif, mengacu kepada kriteria peserta dan ketentuan yang ditetapkan. 
  • Transparan, proses dan hasil penetapan peserta dilakukan secara terbuka, dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan. 
  • Kredibel, proses dan hasil penetapan peserta dapat dipercaya semua pihak. 
  • Akuntabel, proses dan hasil penetapan peserta sertifikasi guru melalui PPGJ dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. 
Berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan nasional 
Sertifikasi guru melalui PPGJ merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu guru. Oleh karenanya guru yang lulus sertifikasi guru melalui PPGJ dan memperoleh sertifikat pendidik harus dapat menjamin (mencerminkan) bahwa guru yang bersangkutan telah memenuhi standar kompetensi guru yang telah ditentukan sebagai guru profesional. Guru yang lulus sertifikasi guru melalui PPGJ akan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Dilaksanakan secara taat azas 
Sertifikasi guru melalui PPGJ dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengacu pada buku Pedoman Sertifikasi Guru melalui PPGJ yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dilaksanakan secara terencana dan sistematis 
Pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ didahului dengan pemetaan pada aspek jumlah, jenis mata pelajaran, ketersediaan sumber daya manusia, ketersediaan fasilitas, dan target waktu yang ditentukan. Dengan pemetaan yang baik diharapkan pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJ dapat berlangsung secara efektif dan efisien serta secara nasional dapat selesai pada waktu yang telah ditetapkan. [am]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel