Melirik Sejarah Perubahan Karawang Dari Sederhana Menjadi Berkualitas Dunia

Tahukah Anda bahwa ternyata dahulu kawasan Industri Karawang hanyalah sebuah kota kecil di Jawa Barat yang menjadi penghasil padi terbaik Jawa Barat. Namun seiring semakin dipolesnya berbagai potensi daerah, kawasan tersebut menjelma menjadi kota industri yang sangat dinamis dan boleh disetarakan dengan kawasan industri dunia.
Dari Lumbung Padi Menjadi Industri
Kabupaten Karawang mengukuhkan diri sebagai salah satu kawasan mandiri di Jawa Barat pada tahun 1968. Sejak saat itu perkembangan daerah terpusat di sentra pertanian khususnya padi. Bahkan hingga awal tahun 2000an Karawang terkenal sebagai lumbung padi milik Indonesia yang mendunia. Selain itu, masih banyak kawasan hijau yang dimanfaatkan untuk perkebunan dan kawasan pembudidayaan lainnya,
Namun sejak keputusan pemerintah menjadikannya salah satu kawasan Industri Karawang berubah wakaj menjadi lebih elite. Dimana kawasan hijau dijadikan kawasan industri mulai dari industri makanan, otomotif hingga industri obat-obatan. Hal ini membuat masyarakat otomatis berbenah diri juga dengan menyesuaikan sumber pencaharian dengan kondisi terkini daerah mereka.

Sejak menjadi kawasan industri investorpun berbondong-bondong ikut berperan dalam investing Indonesia dan membuka berbagai industri pendukung di kawasan tersebut. seperti Le Minerale yang berpusat di Karawang, hingga kawasan industri milik perusahaan besar dunia lainnya yang juga ambil bagian mengembangkan Karawang.
Ini Alasan Karawang Berubah Jadi Pusat Industri Dunia
Beberapa alasan menjadikan Industri Karawang berkembang pesat, diantaranya adalah letaknya yang strategis dari berbagai sisi, baik sisi transportasi yang dilalui tol Jakarta-Cikampek, lalu keberadaan Pelabuhan Patimban yang sangat ramai oleh aktivitas, dan bandara yang aksesnya hanya sekitar 15 menit dari pusat Karawang.
Selain itu, masyarakat yang terbuka akan perkembangan juga jadi salah satu unsur cepatnya perkembangan industri disana, sehingga menjadikan para investor nyaman ikut investing Indonesia di Karawang, tanpa harus bersitegang dengan masyarakat seperti yang pernah terjadi di daerah-daerah lain.
Perkembangan Karawang memang sangat menakjubkan dari daerah biasa menjadi luar biasa hanya dalam hitungan tahun. Semua itu bisa terwujud tentu tak lepas dari peran serta semua pihak. Baik itu masyarakat pemerintah daerah, pemerintah pusat hingga investor yang menjadi katalis perubahan “wajah” Karawang menjadi seperti saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel