Simak 3 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membayar Pajak

Sekarang ini merupakan zaman perkembangan teknologi dimana semua aktivitas manusia dapat dilakukan secara online. Salah satunya membayar pajak online yang bisa dilakukan dimana saja. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, membayar pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan.
Hal ini disebabkan negara membutuhkan sumber penerimaan untuk membiayai pengeluarannya. Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak. Pajak akan dialokasikan untuk membiayai pengeluaran rutin negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Alasan Penting Mengapa Anda Harus Membayar Pajak

Pajak juga digunakan untuk membiayai keamanan dan kenyamanan negara. Pendapatan pajak setiap tahunnya sangat membantu keuangan negara. Seperti di antaranya membayar pajak bangunan hingga memperpanjang STNK. Di samping itu, jika Anda pernah makan di restoran cepat saji, kemudian mendapatkan penambahan biaya saat membayar, tambahan itulah yang dinamakan pajak. Setidaknya, ada tiga alasan penting membayar pajak yang harus Anda ketahui, yaitu.

  1. Pajak untuk stabilitas harga dan konsumsi. Pajak digunakan untuk menyaring dan membatasi konsumsi masyarakat. Salah satunya adalah dengan membebani pajak pada jenis barang mewah tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi laju konsumen yang berlebihan. Apabila hal ini tidak di berlakukan maka akan terjadi melonjaknya pembelian barang mewah pada masyarakat. Seperti pembelian mobil mewah, apabila pajak tidak diberlakukan maka secara otomatis pembelian akan melonjak dan menyebabkan kemancetan. Sehingga, dampaknya akan kembali lagi ke negara. Itulah alasan mengapa pembayaran pajak diwajibkan.
  2. Pajak adalah sumber penerimaan dan pengeluaran rutin negara. Alasan kedua kenapa Anda harus membayar pajak adalah sebagai sumber penerimaan dan pengeluaran rutin negara. Pajak digunakan untuk meretribusi hutang negara, infrasruktur dan kesejahteraan rakyat. Pastinya Anda sudah mengetahui jika hal ini merupakan fungsi utama dari pajak. Jika Anda tidak membayar iuran pajak, dapat dipastikan bahwa retribusi tidak akan berjalan lancar. Misalkan saja pengeluaran pembangunan infrastruktur akan terhenti dan menyebabkan kerugian kepada negara maupun masyarakat.
  3. Pemerataan Pendapatan. Untuk alasan terakhir kenapa Anda harus membayar pajak adalah pemerataan pajak. Konsepnya, seperti halnya subsidi silang yang diberikan untuk mensejahterakan masyarakat. Selain itu, pemerataan gaji karyawan atau UMR termasuk ke dalam upaya pemerintah agar tidak terjadi kesenjangan sosial. Pemerataan pendapatan lain bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan sebagainya. Untuk itu, Anda diwajibkan membayar pajak setiap tahunnya. Apalagi sekarang terdapat layanan pajak online yang dapat memudahkan Anda membayar pajak.
Bagi Anda yang ingin usahanya berjalan lancar tanpa ada kendala satupun, sebaiknya penuhi kewajiban membayar pajak setiap tahunnya. Untuk memudahkan Anda dalam menghitung laporan keuangan, sekarang sudah ada aplikasi BukuKas. Di mana, aplikasi tersebut memiliki berbagai fitur penting yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam membayar pajak perusahaan Anda setiap tahunnya. Apalagi saat ini membayar pajak lebih mudah dengan fitur pajak online yang dapat di akses dimana dan kapan saja.