Inilah Berbagai Manfaat Minuman Beralkohol

Inilah Berbagai Manfaat Minuman Beralkohol - Saat mendengar minuman beralkohol Anda sepakat bahwa meminumnya akan menyebabkan masalah pada tubuh. Namun, ternyata manfaat alkohol baik bagi kesehatan, Asalkan minum secukupnya. Jika terlalu banyak minum alkohol akan mengganggu penyerapan beberapa jenis vitamin dalam tubuh. Untuk itu beberapa asosiasi kesehatan dunia memberikan batasan anjuran konsumsi minuman beralkohol paling tidak 1-2 gelas.

Manfaat Minuman Beralkohol
  • Meningkatkan fungsi otak. Kebiasaan minum miras secara berlebihan dalam jangka panjang dapat merusak otak. Namun jika Anda pandai mengendalikan porsi dan frekuensi minum-minumnya, asupan alkohol ternyata dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif otak. Penelitian dari Loyola University menemukan bahwa peminum miras yang mampu membatasi porsinya menunjukkan penurunan risiko kerusakan kognitif otak sebanyak 23 persen, termasuk penyakit Alzheimer dan demensia, dibandingkan dengan kelompok orang non-peminum minuman keras. Sebuah studi lain terbitan Consciousness and Cognition menunjukkan bahwa konsumsi minuman keras dalam porsi sewajarnya ditunjukkan terkait dengan kemunculan pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah dengan waktu yang lebih cepat daripada saat tidak minum alkohol.
  • Wine mencegah flu dan masuk angin. Konsumsi minuman keras secara berlebihan dalam jangka panjang bisa merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai macam penyakit. Namun, jika Anda mampu mempertahankan kebiasaan minum miras dalam porsi sewajarnya dan tidak terlalu sering, daya tahan tubuh Anda justru berpotensi semakin menguat.
  • Bir turunkan risiko Alzheimer dan Parkinson. Bir tidak selamanya berisi kalori kosong. Berbagai studi menemukan bahwa bir mengandung thiamin dan riboflavin (dua jenis vitamin B), juga kalsium, magnesium, dan selenium yang lebih banyak daripada wine. Para peneliti menduga hal ini disebabkan oleh bahan dasar yang digunakan untuk membuat bir, yaitu jelai atau hops (pucuk pohon cemara).
  • Bir dark brew kaya zat besi. Minuman keras jenis bir dark brew alias bir hitam diketahui memiliki keunggulan nilai gizi yang mengalahkan bir biasa. Satu gelas standar (12-ons) bir dark brew mengandung kandungan zat besi 121 ppb (parts per billion) dibandingkan dengan bir biasa yang memiliki 92 ppb dan fermentasi bit non-alkohol sebanyak 63 ppb. Zat besi berfungsi membawa oksigen lewat aliran darah dari paru ke seluruh otot tubuh dan sistem organ lainnya.  Ketika Anda kekurangan zat besi, oksigen akan mengalir lebih lambat dalam tubuh yang membuat Anda mudah merasa lelah, lesu, dan letih serta pucat.
  • Bir dan wine baik untuk kesehatan ginjal. Selain baik untuk jantung, bir dan wine yang dikonsumsi sewajarnya ternyata juga bagus untuk memelihara kesehatan ginjal. Mengonsumsi bir dan wine pada kenyataannya menunjukkan penurunan risiko pembentukan batu ginjal hingga sekitar 41 persen. Selain itu, konsumsi rutin dari dua jenis minuman keras ini diketahui mampu menurunkan risiko kemunculan batu empedu asal sewajarnya.
  • Vodka baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Vodka adalah jenis minuman keras yang memiliki kadar alkohol tinggi dan juga memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Dua sifat inilah yang bisa menjadikan vodka sebagai obat kumur alternatif yang terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut dan kerusakan gigi. Jika Anda ingin menambahkan faktor sehatnya, Anda bisa tambahkan beberapa batang cengkeh, lembaran daun mint, atau sebatang kayu manis dalam botol “obat kumur vodka” Anda.[]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel